Sabtu, 26 Desember 2009

Kamis, 24 Desember 2009

SINGAPURA, KOMPAS.com — Harga minyak memperpanjang rally mereka di perdagangan Asia, Kamis (24/12/2009), bertumpu pada penurunan yang lebih besar dari yang diperkirakan dalam cadangan energi Amerika Serikat.

Kontrak utama New York untuk minyak mentah jenis light sweet pada pengiriman Februari naik 46 sen menjadi 77,13 dollar AS per barrel. Adapun minyak mentah Brent North Sea, juga untuk pengiriman Februari, naik 12 sen ke posisi 75,57 dollar AS per barrel.

"Perayaan Natal telah mendorong, terutama dalam penurunan inventaris energi AS yang jauh lebih besar dari yang diperkirakan," kata analis.

Data yang diterbitkan oleh Departemen Energi Amerika Serikat (DoE) menunjukkan bahwa cadangan minyak mentah mengalami penurunan 4,9 juta barrel menjadi 327,5 juta barrel pekan lalu, dibanding prediksi para analis penurunan 1,6 juta barrel.

Data untuk minyak sulingan juga mencakup minyak pemanas, yang menjadi fokus karena Amerika Serikat dan Eropa mulai mengalami musim semi.

Namun, para analis mengkhawatirkan bahwa, meski menurun dalam cadangan energi AS, tingkat inventaris pada konsumen energi terbesar di dunia itu masih tinggi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar